Pages

Wednesday, December 2, 2015

Review Clodi ECOBUM (clodi newborn): Clodi Onesize Tipe Pocket apa yang sudah bisa dipakai oleh Newborn? ECOBUM jawabnya!

Saat prefold (sebagai soaker pad) dipake dedek yg belum genap sebulan dengan ecobum snap
Akhirnya debay lahir jg, alhamdulillah...

Ceritanya mau ngelanjutin tulisanku sebelumnya

Krn udah mengulas banyak fisik ecobum disini, sekarang aku cuma mau kasih tau pengalamanku selama make ecobum. Syukurnya bayi aku lahirnya 3 kg an, dipakein clodi ecobum udah pas dan keliatan cakep. Jadi, sukses deh penghematannya, ga perlu beli clodi khusus newborn yg konon katanya cuma kepake 3 bulan aja. Ternyata ecobum snap dan UC ecobum udah bisa dipake anakku dari newborn, bahkan dari sebelum puput tali puset. Semoga clodinya awet sampe dedek belajar tatur dan duturuni ke adek2nya, amin...

Dedek bayi berusia sebulan masih setia dengan clodi cover: popok prefold dan snappi krn masih sering banget pup
Frekuensi pup dedek bayi masih sering sekali, jd aku lebih senang memakaikannya prefold dan snappi supaya pup tertampung sempurna didalam popok, jika tidak dipangku atau digendong, kadang dedek tidak memakai cover, hanya prefold dan snappi saja mirip fitted diaper agar kulit dedek bisa bernafas dan adem, tidak perlu kuatir bocor, paling hanya lembab sedikit jika dipipisi sekali atau 2 kali, namun jika sampe dipake lama sebaiknya dilapisi cover karena kuatir basahannya kan najis apalagi kalo udah selesai nifas dan shalat, kalau tidak pakai cover sebaiknya alasi bokong bayi dengan perlak dan alas ompol.  Ecobum cover mantab banget, pake seharian baru ganti, padahal clodi tipe cover biasanya banyak yg suka ngeluh kalo gampang bocor, tapi ecobum cover ga lho, yes bgt! cover ga bocor, paling cuma ganti prefoldnya aja tiap dedek bayi pup atau pipisnya penuh. Sehari prefold ecobum pake 6-9 pcs, sedangkan covernya cuma satu hihi... irit banget ya!
ECOBUM pocket original snap MULTIFUNGSI, bisa dipakai sebagai clodi cover seperti Universal Cover!
Prefold dipakai dengan snappi dicover dengan ecobum snap, bisa!
Clodi original snap ecobum juga mantab banget! Selain ga bocor, enaknya clodi ecobum snap itu bisa dipake sbg tipe pocket dan cover, krn si dedek masih suka pup, bentar2 pup, kentut jg kadang sambil pup atau kecirit jd aku suka make clodi pocket ecobum sbg tipe cover dengan prefold gantian dengan UC tipe covernya ecobum, hemat bgt jd ga kuatir kalo kehabisan uc krn masih dijemuran sebab bisa gantian sm tipe pocketnya. Rencana mau nambah lg UC nya, bgs bgt! Pengennya kalo siang pake model cover aja, praktis bgt, tp aku lbh seneng klo ganti prefold ganti cover jg minimal setiap hbs mandi spy ganti pmandangan dan spy ga terkesan ga pernah ganti baju, lagian bosan juga liat motif cuma itu-itu mulu he..
Karena popok ecobum memiliki double leg gusset seperti yang ada di clodi tipe cover maka semua clodi ecobum bisa dipakai sebagai clodi tipe cover.
Sesuai dengan tipenya, original snap ecobum fungsi utamanya sebagai clodi tipe pocket dimana penyerap/ insertnya (sebutan untuk penyerap yang diletakan didalam pocket/ kantung diletakkan didalam kantung/ pocket. Karena popok ecobum memiliki double leg gusset seperti yang ada di clodi tipe cover maka semua clodi ecobum bisa dipakai sebagai clodi tipe cover, dimana penyerapnya diletakkan diatas inner sebagai soaker pad (sebutan untuk penyerap yang diletakkan diatas inner). Penyerap pipis yang dipakai bisa berupa hemp, bamboo, prefold, mikrofiber, alas ompol, dl. Jika popok dipakai sebagai tipe cover bersama prefold selama berjam2 lamanya, maka diatas penyerap ditambahkan liner stay dry (ada bahan fleece dan ada jg dari bahan suede) supaya pup mudah dibersihkan dan kulit bayi merasa nyaman karena merasa tetap kering meski dipakai berjam2 lamanya. Kecuali jika dipakai selama anak belajar toilet training, maka prefold tidak perlu dialasi liner, spy anak belajar menyadari sensasi basah, popok juga bisa dipakai berjam2 lamanya, karena daya tampung prefold sgt tinggi.
Cara 1: Ecobum pocket original snap dipakai sebagai clodi pocket, prefold sebagai insert
Cara 2: Ecobum pocket original snap dipakai sebagai clodi cover seperti Univeral Cover (UC), prefold sebagai soaker pad
Tips solusi pengganti Universal Cover (UC) yang langka karena sold out di kebanyakan OS: Gunakan ECOBUM Clodi Pocket Original Snap sebagai Pengganti Universal Cover (UC) Ecobum seperti ilustrasi berikut.
ECOBUM pocket original snap MULTIFUNGSI, selain bisa dipakai sebagai clodi pocket juga bisa dipakai sebagai clodi cover seperti Universal Cover!
Ecobum cover dan pocket snap ukurannya sama, bedanya hanya bagian dalamnya saja kalau ecobum snap memiliki inner suede sedangkan universal cover tanpa inner jd lebih cepat kering, semuanya bisa dipakai sejak newborn (clodi newborn), hemat sekali!
 Perbandingan Clodi Leg Gusset, Inner Gusset, dan Double Leg Gusset
Clodi pocket biasa yang hanya punya leg gusset kurang efektif menahan pup yg banyak dan bocor samping, tidak multifungsi, clodi pocket yang hanya punya leg gusset seperti blueberry, pempem, cluebebe, pumpkin, babyland.

Clodi pocket yang memiliki inner gusset tidak multifungsi dan inner gusset kurang ngefek mencegah kebocoran, hampir sama saja seperti clodi yang hanya punya leg gusset apalagi aku selalu pake liner jadi si inner gusset selalu ketiban/ ketutup liner selain itu kotoran pup sering nyelip di kerutan inner gusset jadi lebih sulit dibersihkan, clodi pocket yang punya inner gusset, seperti rumparooz, sobi, gg, minikinizz.

Clodi pocket yang punya double leg gusset dipake bener2 pas dipaha jadi efektif bgt nahan pup yg encer/ byk dan cegah bocor samping, selain itu multifungsi bs dipakai sbg cover jg jika double leg gussetnya tinggi, contoh clodi yg punya double leg gusset seperti ecobum.

Mengapa clodi ECOBUM juga bisa dipakai sebagai COVER seperti Universal Cover (clodi tipe cover dari ecobum)?

Jawabannya, karena clodi ecobum memiliki double leg gusset yang tinggi, tinggi maksimalnya sekitar 4-4.5cm sehingga clodi ecobum mampu menutup/ mengcover ketebalan/ ketinggian penyerap pipis (soaker pad) yang dipakai, pakai prefold yang tebal atau insert double juga masih tertutup dan ketinggiannya masih sisa jadi meski dipakai sebagai cover clodi ecobum juga masih bisa menahan pup yang encer dan banyak, paling hanya membuat basah atau kotor karet double leg gusset bagian dalam. Itu kenapa sebabnya aku suka banget clodi yang pakai double leg gusset he...

Sebagai ilustrasi, letakan prefold atau insert diatas inner clodi yang hanya punya leg gusset atau inner gusset dengan clodi ecobum, liat dari arah samping maka akan terlihat jelas perbedaannya clodi mana yang mampu menutup ketebalan insert yang dipakai. Jika mampu menutup ketebalan insert, itu tandanya dapat mencegah bocor samping dan bisa dipakai sebagai cover.
clodi yang hanya memiliki inner gusset atau leg gusset saja tidak cocok dipakai sebagai cover
clodi ECOBUM bisa dipakai sebagai clodi pocket dan clodi COVER
Oia, coba deh buka official youtubenya ecobum, byk video tutorial cara pakai clodi, jelas bgt! kita bisa belajar byk dr situ... Ini video cara pakai clodi snapnya:


Karena masih newborn umur dedek kurang dr sebulan jd prefold pake 1 semalaman cukup cuma semua permukaan prefold terasa lembab tanda sdh mnyerap cairan, mirip seperti clodi tipe fitted, hebatnya ga bau pesing, ga bocor, dan ga ruam, mudah dicuci dr pup dedek yg warnanya kuning pekat spt kunyit dan cepet kering, sukaaaaa bgt! Makanya aku seneng pake prefold sebagai insert di clodi original pocket ecobum yg tipe snap buat bobo malam ga bocor sama sekali dipake sampai pagi. Pake 1 hemp atau short bamboo jg cukup, oke bgt jd andalan bobo malam selain prefold, malah jatuhnya lebih slim drpd prefold.. Hemp, bamboo dan prefold ecobum fluffy dan lembut, apalagi yg prefold dan bamboo, itu tanda kualitas insert ecobum bagus.

Pengalaman memakaikan clodi sangat menyenangkan terutama saat memasang prefold, rasanya seperti kembali ke masa kecilku dulu yang sedang asyik bermain dengan boneka, he.. pengalaman pertama membuatku antusias dan penasaran mau eksperimen berbagai model lipatan dan gimana caranya supaya bisa make prefold sampe singset spy keliatan cantik seperti di official instagram @ecobum. Suami dan ummiku sangat mendukung si dedek pakai clodi jadi aku PD dan semangat makein clodi bahkan sejak dedek lahir di rumah bu bidan, barakallahu fiikum suamiku dan ummi. Tidak mengapa jika pun prefold atau clodi nampak kebesaran krn makenya belum bisa sampai tight fitting/ singset dengan alasan bunda masih belajar atau bayi lahir kecil, wajar, toh bahannya lembut jd nyaman, drpd pakai popok tali kena basah dan dingin trus, lebih2 kasian kan. Lagipula itu berangsung sebentar saja, makin sering bunda praktik makin pinter dan bayipun cepet besarnya apalagi bayi asi ekslusif jd nanti makin pas dipakenya.

Saat aku di ruang bersalin, Ummiku yang sudah kulatih terlebih dahulu langsung mengajari bu bidan cara pakai prefold spy pas si dedek lahir langsung dipakaikan clodi, bahkan bu bidan yang tengah hamil muda pun malah jadi tertarik dengan clodi, he... senengnya bisa menebar kebaikan, semoga makin banyak para ibu yg tahu dan sadar utk beralih ke popok kain. Kalau dulu tau ada video tutorial  cara pakai clodi ecobum, pasti ummi jd jauh lebih mudah neranginnya ke bu bidan. Ini video cara pakai prefold ecobum:

Ini foto yang sempat aku ambil saat si dedek berumur 4 hari, tali pusatnya pun belum lepas/ puput tapi tidak masalah/ tidak jadi kendala untuk memakaikannya clodi, tali pusatnya aku tutup prefold spy posisinya tidak kontal-kantil (goyang), tali puset dedek puput di hari ke 5, termasuk cepet ya kata orang2..
Dedek umur empat hari (belum puput) sudah pakai clodi ecobum cover dan prefold (sebagai diaper fold), tidak perlu clodi newborn khusus, pakai clodi sejak newborn?! siapa takut! he...

Alhamdulillah dedek tidur pules terus, ga rewelan dan ga hobi ngajakin begadang, makasi ya dek, barakallahu fiik... Jadi bunda ga perlu takut kalau pakai clodi trus menekan tali puset akan menyakiti si dedek atau membuat infeksi tali pusat, sama sekali tidak, mitos itu mah! Kalaupun infeksi, mesti bukan karena clodinya (kasian clodi jd kambing hitam) tapi mgkn cara perawatan tali pusat-nya yg salah, aku dah buktikan sendiri pake clodi lebih sehat dan terasa hematnya, apalagi nyuci clodi pakai bola ecowash yang ampuh menghilangkan bau pesing secara ajaib dan stain remover sticknya yg ampuh ilangin noda kuning pup pada inner clodi, nyuci jadi enteng ga boros air karena ga perlu banyak membilas, konon curhatan para bunda kalau nyuci clodi biasanya boros air krn harus dibilas berkali2 dulu sebelum dicuci untuk menghilangkan bau pesing.

Alhamdulillah, puas dan seneng selama pakai clodi ecobum, clodi yang bagus!

Udah dulu ya review clodi ecobum-nya, mau lanjut ngurus si dedek dulu, moga review singkat ini cukup membantu ya bunda. Terima kasih sudah mampir baca coretanku yg ga jelas ini he...



11 comments:

  1. UC sedang kosong dimana2 mbak, sold out!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang ja mb, he.. bisa pakai clodi ecobum original snap dan pull up pant ecobum menjadi cover sbg pengganti universal cover krn semua ecobum punya double leg gusset yg tinggi, lebih multifungsi krn bs dipake sbg clodi pocket jg, aku suka gantian mba, habis dipake sbg cover dipake sbg pocket atau sebaliknya selama msh kering, gak pesing, dan gak basah. Aku selalu pake liner stay dry.

      Delete
  2. Berapa lama keringnya prefold dan insert ecobum bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. prefold cepet bgt kering seperti mikrofiber asal dijemur dibawah panas terik apalagi kalo dikeringin/ dispin di mesin cuci, sehari kering ko.

      insert bamboo dan hemp juga klo dijemur di panas terik 1 hari bisa kering apalagi yg long bamboo krn cuma 2 lapis dan bentuknya panjang.

      Delete
  3. Izin menggunakan foto dan review-nya ya umm. Jazakumullahu khoiron.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Na'am, tafadhol umm, wa jazakumullah khoiron

      Delete
  4. Assalamuaikum mba, saya juga ingin memakai ecobum UC+Prefold untuk baby saya nanti.. Bisa tolong dijelaskan bagaimana cara mencuci prefold dengan ecowash ball? Kan prefold ga boleh direndem ya. Jadi cucinya kira2 brp lama? Metodenya dikucek/ cukup diputer dalam ember bersama ecowash ball? Mohon dijelaskan ya terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaykumsalam mba,prefold boleh ko direndam mba,yang dilarang kalau ngerendamnya berjam-jam sampai seharian,semalaman atau berhari-hari nanti jadi rapuh seratnya mudah robek.

      Direndam pake ecowash 30menit,pastikan ketinggian air lebih dr cucian (terendmm sempurna, ga boleh kurang air), aduk2 dan bilas2 aja dengan cara dicelup-celupkan kedalam air. Untuk noda pup bisa dibersihkan pake detergen atau ecostick atau sunbleaching nanti noda kuningnya pudar.

      Prefold boleh dikucek lembut,yang dilarang menyikat, mengucek, dan memeras dengan memelintir terlalu kuat.

      Delete
    2. wa'alaykumsalam mba,prefold boleh ko direndam mba,yang dilarang kalau ngerendamnya berjam-jam sampai seharian,semalaman atau berhari-hari nanti jadi rapuh seratnya mudah robek.

      Direndam pake ecowash 30menit,pastikan ketinggian air lebih dr cucian (terendmm sempurna, ga boleh kurang air), aduk2 dan bilas2 aja dengan cara dicelup-celupkan kedalam air. Untuk noda pup bisa dibersihkan pake detergen atau ecostick atau sunbleaching nanti noda kuningnya pudar.

      Prefold boleh dikucek lembut,yang dilarang menyikat, mengucek, dan memeras dengan memelintir terlalu kuat.

      Delete
  5. Mbak, snappi dan liner stay dry bisa dibeli dimana ya? Apa sudah dalam paket ecobum nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijual terpisah mbak, harga snappi perbuahnya 50ribu mba, liner perlembar 5ribu. Di instagram byk ko yang OS jual.

      Delete